Minggu, 05 September 2010

Tes Bakat Skolastik

Para pemberi kerja menggunakan beberapa instrumen dalam memilih calon karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaannya. Dari sekian banyak instrumen yang digunakan salah satunya adalah Tes Bakat Skolastik.
Tes ini menuntut seseorang untuk berpikir secara logis mengenai beberapa hal yang akhirnya dapat digunakan untuk membaca potensi kemampuan seseorang atau dengan kata lain hasil tes ini dapat mencerminkan kecenderungan kemampuan seseorang dalam bidang tertentu.
Dalam tes ini juga dikelompokkan dalam beberapa bagian. Salah satunya adalah kemampuan verbal yang terdiri dari:
1. Tes Padanan Kata atau Sinonim,
2. Tes LawanKata atau Antonim,
3. Tes Padanan atau Analogi dan
4. Tes Pemahaman Wacana.
Semua hal yang bersifat ujian tentu saja hanya dapat dilewati dengan sukses jika kita dapat menguasai bahan ujian tersebut. Walaupun beberapa ahli mengatakan bahwa ujian semacam ini sudah dirancang sedemikian rupa sehingga tanpa belajar pun seseorang dapat melewatinya dengan mudah. Atau dengan kata lain, tidak ada kata gagal dan berhasil dalam tes ini melainkan hanya cermin dari kecenderungan potensi seseorang untuk menyelesaikan suatu bidang keahlian tertentu.Walaupun seseorang sudah belajar dengan keras untuk menempuh tes semacam ini, tetapi jika potensi kemampuannya (dalam bidang verbal contohnya) memang dibawah rata-rata maka hasilnya pun hanya akan meningkat sedikit saja atau tidak mencolok.
Akan tetapi langkah untuk menempuh ujian tanpa persiapan sama sekali atau bahkan tidak tahu sama sekali bahan yang akan diujikan serta teknis ujian yang akan dilaksanakan juga bukan suatu tindakan yang disarankan. Supaya lebih sigap dalam menjawab semua pertanyaan dalam Tes Bakat Skolastik, dan supaya dapat lebih mengoptimalkan bakat kemampuan verbal, berikut ini saya cantumkan tautan untuk mengunduh contoh Tes Bakat Skolastik terutama untuk kemampuan verbal. Beberapa pertanyaan dalam contoh ini telah saya kerjakan sesuai dengan kemampuan akademik saya. Semoga dapat bermanfaat.
Unduh Tes Bakat Skolastik.

1 komentar: